Dampak dan Keuntungan E-Learning pada Sistem Pembelajaran Eropa

Dampak dan Keuntungan E-Learning pada Sistem Pembelajaran Eropa – Teknologi yang terus berkembang saat ini memberikan dampak besar bagi segala jenis aspek kehidupan yang berkaitan dengan kepentingan manusia. Dunia pendidikan merupakan salah satu jenis dunia yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan teknologi. Meskipun dapat memberikan pengaruh yang baik bagi kehidupan, teknologi akan memberikan pengaruh buruk jika pengguna teknologi tidak bijak di dalam menggunakan teknologi tersebut. Berbicara mengenai teknologi pendidikan, E-learning menjadi jenis teknologi yang dapat memberikan pengaruh baik bagi para penggunanya. Di Eropa, hampir semua instansi pendidikan menggunakan teknologi E-learning di dalam sistem pembelajarannya.

E-learning sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sistem pembelajaran yang dilengkapi dengan teknologi guna memudahkan kegiatan pembelajaran. E-learning mampu memberikan dampak yang besar bagi sistem pendidikan di Eropa. Salah satu dampak penggunaan E-n di sistem pendidikan Eropa adalah pembelajaran terasa lebih realistis. Ketika sistem pembelajaran menggunakan sistem E-learning, pengajar nantinya membutuhkan media LCD, proyektor dan komputer. Pengajar nantinya dapat memutar video pembelajaran yang berisikan beberapa materi pembelajaran. Video tersebut merupakan media pembelajaran yang kontekstual dan realistis. Para peserta didik nantinya dapat memahami dengan baik akan materi pembelajaran yang ditayangkan langsung melalui video pembelajaran. Jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, konsep abstrak merupakan konsep yang mendominasi dan membuat materi pembelajaran tidak dapat diserap secara maksimal.

Dengan menggunakan E-learning, sistem pendidikan di Eropa terasa lebih hemat. Biaya operasional akan berkurang akibat penggunaan E-learning di dalam sistem pendidikan. Para pengajar di Eropa tidak harus membuat media pembelajaran bagi para peserta didik. Dengan E-learning, segala macam materi pembelajaran telah disediakan dalam bentuk digital dan telah disajikan melalui internet. Para pengajar nantinya hanya perlu mencari materi di internet jika ingin menemukan media pembelajaran yang diperlukan. Para pengajar di Eropa kini tidak lagi harus membawa buku-buku materi pembelajaran ketika akan mengajar. E-learning yang diterapkan oleh pengajar merupakan sumber informasi atau materi yang nantinya akan digunakan di dalam kegiatan mengajar para peserta didik.

You may also like...

1 Response

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *